Ternyata Cara Ini Bisa Pertajam Daya Ingat Anak, Anak Bisa Lebih Cerdas..


Tidur siang punya peranan penting dalam membantu balita dan anak-anak prasekolah dalam mengingat sesuatu yang baru saja mereka pelajari. Para peneliti mengamati kemampuan anak-anak mengenai contoh-contoh yang mirip tetapi tidak sama, dengan sesuatu yang baru saja mereka pelajari dan menerapkannya dalam situasi baru. 

Keahlian ini disebut generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generalisasi bahasa akan menjadi lebih baik pada balita dan anak-anak prasekolah setelah mereka tidur sebentar atau tidur siang, demikian menurut hasil riset yang dipaparkan di pertemuan tahunan "Cognitive Neuroscience" di Boston. "Tidur adalah sesuatu yang penting untuk mempertajam proses belajar dalam mengingat contoh-contoh baru," kata peneliti Rebecca Gomez dari University of Arizona. 

"Tidur sebentar segera setelah proses belajar tampaknya menjadi sesuatu yang penting untuk menggeneralisasi pengetahuan pada balita dan anak prasekolah." Hasil riset lain yang juga dipresentasikan dalam acara tersebut menunjukkan bahwa tidur cukup membantu orang dewasa dalam mengingat rencana masa depan. "Apakah kita membuat rencana untuk liburan mendatang atau kita hanya berpikir mengenai yang kita akan konsumsi pada makan malam, semua rencana ini benar-benar bergantung pada kemampuan kita untuk mengingat hal-hal yang ingin kita lakukan pada waktu yang tepat pada masa depan," kata peneliti Susanne Diekelmann dari University of Tubingen di Jerman seperti dilansir Health Day.


Dia menambahkan, "Kemungkinan kita mengingat untuk melakukan rencana-rencana kita dalam waktu yang memadai pada masa depan secara substansi lebih tinggi jika kita mempunyai waktu tidur malam yang cukup setelah merencanakan niat tersebut."

Sumber: family guide.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASTAGHFIRULLAH! Inilah Dampak Mengerikan Ibu yang Suka Marah-Marah Pada Anak

Suami yang Mencuci Baju Sendiri Bukan Karena Ingin, Tapi..

RENUNGAN; Menikah Adalah Seni Mengalah. Bacalah Agar Rumah Tangga Bahagia..