ALHAMDULILLAH! Ini Doanya Agar Anak Kita Tidak Nakal..Yuk, Amalkan!


Ini Doanya, Agar Anak Kita Tidak Nakal

Dear Ayah Bunda, 

Doa adalah senjata paling ampuh bagi orang beriman. Maka bila menginginkan sesuatu, sangat sering kita berdoa memohon kepada Allah. Termasuk dalam mendidik anak, jangan sampai kita lupa berdoa. 

Al Habib Ali Ibn Muhammad Ibn Husain Al Habsyi, berkata: "Jika perilaku anak-anak tidak sesuai dengan tabiat kalian maka doakan mereka,

"Ya Allah.. Berikan kebaikan yang banyak pada anak≠anakku, jagalah mereka
dan jangan kau celakakan mereka. Karuniakanlah kami ketaatan mereka.."

5 Cara Mengatasi Anak Nakal

Selain dengan berdoa, maka kita juga harus juga menggunakan ikhtiar maksimal dalam mendidik anak. Berikut 5 cara mengatasi anak nakal yang bisa dijadikan sebagai referensi orang tua dalam mendidik anak menjadi pribadi lebih baik lagi, antara lain ialah:
Baca juga: SEDERHANA!! Obat Lelah Bagi Seorang Ibu Adalah Memandang Wajah Memandang Wajah Anak yang Tidur Pulas. Setuju?

Memberikan contoh
Orang tua adalah role model bagi anak. Perilaku yang diperlihatkan oleh orang tua akan berpengaruh kepada anak. Ketika menghadapi anak nakal tidak bisa dengan menggunakan perkataan atau makian, namun berikan contoh bahwa perilaku yang dilakukan anak adalah salah. Dimulai dari orang tua dengan memberikan contoh kemudian pengertian, maka anak akan mengikuti bahwa yang apa yang diperbuat anak adalah keliru.

Selalu bersikap tenang
Ketika anak mendapatkan sesuatu dari lingkungannya yang membuat orang tua kaget, tidak perlu panik atau memarahi. Namun bersikap tenang, ajak anak mengobrol dari hati ke hati, kemudian berikan penanaman kepada anak, bahwa apa yang ia dapatkan dari luar tidak sepenuhnya benar.

Dengan berteriak dan memarahi anak justru akan membuat anak merasa tersudut dan akhirnya perilaku anak tidak akan berubah. 

Gunakan bahasa yang halus
Orang tua sebagai role model bagi anak tidak hanya berupa sikap dan perilaku tapi juga dari gaya bicara dan bahasa yang digunakan. Dalam cara mendidik anak nakal, tidak bisa menggunakan bahasa yang kasar dan keras. Gunakan bahasa yang halus agar anak mengerti bahwa perilakunya keliru dan tidak boleh untuk diulangi kembali.
Baca juga: TERPERCAYA!! Ternyata Kunci Kebahagiaan Keluarga Adalah Bahagianya Istri..

Punish and reward
Dengan melakukan hukuman yang sesuai dengan tindakannya yang nakal diharapkan akan membuat efek jera bagi anak. Akan tetapi, jangan beri hukuman saja jika anak berbuat salah, namun beri juga penghargaan bagi anak jika anak melakukan sesuatu yang istimewa dan luar biasa. Dengan cara mendidik anak nakal seperti ini, anak diharapkan mengerti akan sebuah aturan. 

Memberikan pendidikan agama
Agama adalah pondasi bagi kehidupan, begitu juga dengan anak. Dengan ditanamkan pendidikan anak dari dini, diharapkan anak akan kembali ke pondasi agama jika suatu saat anak tersesat pada jalannya. Dengan memberikan pendidikan agama yang kuat, diharapkan anak akan memiliki perilaku yang berbudi pekerti luhur.

Cara mengatasi anak nakal tidak bisa dengan cara yang kasar dan keras, namun dengan lemah lembut dan sikap tenang yang menjadikan anak akan berubah perilakunya. Yang paling penting orang tua sebagai role model harus memberikan contoh yang baik bagi anak.
Semoga bermanfaat yaa Ayah Bunda.. :)
Baca juga: LAKUKAN INI! Kalau Anak Suka Ngeyel, Ini yang Harus Bunda Lakukan..

Semoga anak-anak kita menjadi anak yang berbakti dan membanggakan kedua orang tua kelak... Amiin...

berbagai sumber. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASTAGHFIRULLAH! Inilah Dampak Mengerikan Ibu yang Suka Marah-Marah Pada Anak

Suami yang Mencuci Baju Sendiri Bukan Karena Ingin, Tapi..

RENUNGAN; Menikah Adalah Seni Mengalah. Bacalah Agar Rumah Tangga Bahagia..