MENAKJUBKAN!! Memeluk Anak Setiap Hari Bisa Berdampak Besar Terhadap Tumbuh Kembangnya



Memeluk Anak Setiap Hari Bisa Berdampak Besar Terhadap Tumbuh Kembangnya. 
Sebagai Orang Tua, Anda Mesti Tahu Cara yang Benar Memeluk Anak.

Dear Ayah Bunda,

Ini Dia Manfaat Memeluk Anak yang Sebaiknya Anda Ketahui.

Banyak orang tua yang sadar akan pentingnya kedekatan hubungan antara orang tua dengan anak. Anak yang memiliki kedekatan yang cukup serta mendapatkan perhatian yang lebih dari orang tuanya akan tumbuh dan berkembang dengan optimal baik dari segi mental atau psikologisnya.

Anak cenderung tak bermasalah karena mereka mandapatkan apa yang diinginkannya dari oarng tuanya, yaitu perhatian. Anak tak membutuhkan banyak uang atau mainan, yang mereka butuhkan sebenarnya adalah kasih sayang serta perhatian dari kedua orangtuanya.
Baca juga: Jadi Begini Cara Melembutkan Hati Anak yang Jika Ditegur, Marah. Dinasehati, Melawan dan Semaunya Sendiri..

Sayangnya, karena tuntutan ekonomi dan faktor lainnya, banyak orang tua yang harus sibuk ini itu yang mengakibatkan anak sedikit terlantar. Bnayak orang tua yang harus pergi pagi dan pulang sore karena tuntutan pekerjaan.

Alhasil, perhatian kepada anak pun terpaksa berkurang. Namun ada sebuah cara khusus yang bisa dilakukan orang tua kepada anak meskipun memiliki wkatu yang singkat. Orang tua bisa memberikan pelukan hangat kepada anak setiap hari sesering mungkin.

Pelukan mampu meredakan stress pada anak serta mampu memberikan rasa aman kepada anak. Anak yang sering mendapat pelukan terbukti tumbuh lebih cerdas, baik, serta optimal. Ini dia manfaat memeluk anak yang sebaiknya Moms ketaui.

1. Meningkatkan kedekatan hubungan antara orang tua dan anak
Meskipun orang tua tak memiliki banyak waktu luang, anak yang sering dipeluk orang tuanya tetap memiliki kedekatan hubungan yang baik dengan orang tua. Anak akan merasa dibutuhkan, diperhatikan, dan disayang.

Energi positif inilah yang mampu meningkatkan hubungan intrapersonal antara orang tua dan anak. Untuk itulah disarankan pada setiap orang tua untuk terus meluangkan waktu demi memeluk anak setiap hari sesering mungkin.

2. Memberikan dukungan dan semangat pada anak
Anak yang sering dipeluk akan merasakan dukungan kuat yang postif dari orang tuanya. Melalui pelukan orang tua juga akan memberikan motivasi pada anak untuk melakukan berbagai macam kegiatan positif.

Tak perlu lagi banyak kata, pelukan akan memberikan gambaran pada anak bahwa betapa orang tua sangat menyayangi dan mendukung apapun kegiatan positif yang dilakukan oleh anak.
Baca juga: Ibu, Lakukanlah Hal Ini Saat Anak Bangun Tidur. Agar Anak Makin Cinta Padamu... 

3. Meningkatkan rasa percaya diri
Karena dukungan orang tua yang diberikan melalui pelukan, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri. Anak akan jauh dari rasa malu, tertekan, ataupun minder.

Hal ini tentu akan berefek positif terhadap perkembangan anak ke depan nantinya. Mulai dari meningkatnya prestasi belajar, hubungan pertemanan, serta hal-hal positif lainnya.

4. Daya tahan tubuh anak lebih baik
Banyak yang mengatakan bahwa anak yang sering dipeluk akan menjadi anak yang cengeng dan maja. Namun faktanya, justru sebaliknya. Anak tersebut menjadi lebih pemberani dalam menuntaskan segala masalah di kemudian hari.

Tak hanya itu, anak juga akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik karena melalui pelukan anak akan mendapatkan transfer berupa sejenis mikroorganisme yang terbukti membuat anak tumbuh semakin kuat.

Pelukan lebih efektif dari pada pujian dan ucapan sayang karena anak merasa dicintai dan dihargai bukan karena mereka telah melakukan sesuatu, tetapi karena mereka apa adanya. Penelitian klinis dan psikologis menunjukkan bahwa pelukan antara orang tua dan anak dapat meningkatkan kecerdasan otak anak, merangsang produksi hormon oksitosin yang memberikan perasaan tenang dan bahagia, serta membantu mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari otak.

Berikan pelukan kepada anak minimal 8 kali sehari untuk memberikan energi sehingga anak bisa beraktivitas dan mengoptimalkan potensinya. Rasa percaya diri anak juga akan meningkat dengan diberikan pelukan oleh orangtuanya

Cara memeluk buah hati :

ñ Berlutut atau menunduk hingga Ayah/Bunda sama tinggi dengan si kecil
ñ Dekap si kecil dengan kedua tangan menyelimuti seluruh tubuhnya, sehingga dadanya menyentuh dada Ayah/Bunda
ñ Lakukan selama 3-20 detik. Ini menyimbolkan kedekatan atau bentuk ungkapan heart-to-heart yang tak terlupakan
Sudahkah Bunda memeluk si kecil hari ini?

Tak hanya murah meriah, pelukan sudah terbukti memberi banyak manfaat bagi anak atau orang tua. Untuk anak, pelukan bisa merangsang perkembangan sel otak, mengurangi stres, membantu membangun konsep diri yang positif, mengurangi emosi negatif (seperti kesepian, cemas, dan frustasi), serta membantu mengatasi rasa takut. Bagi orang tua, pelukan memberi rasa nyaman, ingin melindungi, dan menyayangi.

Jumlah pelukan dalam sehari. 
Konon, penelitian menyebutkan bahwa seorang anak memerlukan 17 pelukan dalam sehari untuk mendukung masa pertumbuhannya. Terlalu banyak? Tidak juga, kalau Anda telah membiasakan diri sejak anak masih bayi.

Memeluk saat tidur. Saat anak tertidur, ini bukan berarti Anda tak boleh menyentuhnya. Justru, peluklah saat ia tidur. Meski pun berada di alam bawah sadar, pelukan orang tua saat anak tidur tetap bisa memperkuat bonding antara Anda dengannya. Hal ini karena anak-anak masih berada dalam gelombang alpha saat tertidur, di mana mereka masih bisa menerima rangsangan dan getaran dari perasaan cinta dan kasih sayang orang tuanya.
Baca juga: Apakah Bunda Suka Mencubit Anak? Sebaiknya Segera Hentikan Kebiasaan Itu. Baca Akibatnya Ini..

Sudahkah Bunda memeluk si kecil hari ini? 

Yuk, peluk anak-anak kita.. :) jangan istri atau suaminya aja yaa yang dipeluk... Hehehehe....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Suami yang Mencuci Baju Sendiri Bukan Karena Ingin, Tapi..

ASTAGHFIRULLAH! Inilah Dampak Mengerikan Ibu yang Suka Marah-Marah Pada Anak

RENUNGAN; Menikah Adalah Seni Mengalah. Bacalah Agar Rumah Tangga Bahagia..